Radio MikroTik 3 Minipci

mikrotik
Mikrotik dengan 3 slot mini pci memang menarik,karena hanya dalam 1 perangkat kita bisa punya 3 radio sekaligus,tinggal nambahin 3 minipci dan 3 pigtail ufl atau mmcx to N-Female, udah deh 3 in 1 radio dah jadi.Tapi jangan salah,si 'RouterBoard' dengan 3 minipci ini ada batasan kerjanya,untuk kinerjanya maksimal,dari 3 atau lebih minipci yang di pasang,cuma di sarankan ada 1 minipci saja yang
'HIGH POWER' (lebih dari 100mW kita anggap High Power deh).Kalo kita paksain 3 atau lebih minipci hi-power dalam 1 routerboard bisa aja sih,tapi hasilnya hanya 1 mini pci yang bekerja optimal,selebihnya 'mendrip-mendrip' alias 'mengkis-mengkis' alias 'bengek' he3x ... g percaya?boleh coba!
Kami punya pengalaman 1 kali aja (karena kita g boleh ke perosok 2 kali dalam lubang yang sama ... makanya banyak yang suka POLIGAMI ... kikikik),saat membangun HOTSPOT ZONE di daerah Pluit saat itu masih zamannya RB532,karena cuma punya 1 slot minipci akhirnya kami pasang RB502 (Daughter board) biar bisa nambah slot minipcinya.Kami pasang saat itu minipci NMP8602 keluaran Engenius dan masing-masing dipancarkan dengan antenna sectoral 120degree 20dBi Taiwan punya.Dan hasilnya SSID 1 dapet fullbar,SSID2,cuma dapet 3 bar,SSID3 cuma dapet 2 bar.WELEH ! ... setelah kami terawang dan konsultasi dengan cara ketik REGWETON kirim ke 9008,akhirnya masalahnya di 3 minipci yang Hi-power semuanya,dengan 2 minipci kami ganti dengan yang 65mW ... diareal sekitar situ signal jadi rata dapet FULLBAR semua,hanya saja memang jangkauan dari masing-masing mini pci jadi berbeda.
minipci
Nah sejak saat itu (ciee ...) untuk membangun Hotspot zone,NOC RTRW Net,POP ISP,atau semacamnya kami tidak pernah lagi menggunakan metode 3 minipci,kami beralih dengan cukup 1 mini pci yang EXTREME POWER XR2 misalnya,trus kita bagi dengan 3Ways splitter dan untuk masang 3 biji antenna sectoral 120 derajat-an 20dBi hasilnya MANTAP DONG !